Motivasi

Memulai Bisnis Online

March 12, 2015

Semakin lama, bisnis online semakin menjanjikan. Baik bisnis online murni maupun bisnis online sebagai sebuah penguat dan pendukung dari bisnis offline yang telah ada.

Mengapa? Jumlah pengguna internet terus bertambah. Di awal tahun 2015 ini, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 73 juta orang. Dan jumlahnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Artinya pangsa pasar bisnis online makin luas.

Bisnis Online Murni

Yang dimaksud dengan bisnis online murni adalah bisnis online yang tidak memerlukan bisnis offline. Jenisnya bermacam-macam. Yang paling mudah dijumpai adalah bisnis online berbasis konten. Yakni membuat website atau blog kemudian dipasangi iklan baik iklan PPC (pay per click) seperti Google Adsense, iklan afiliasi seperti Amazon, maupun iklan mandiri.

Termasuk bisnis online murni adalah membuat toko online. Murni online, tanpa adanya toko nyata sebelumnya. Jangan salah sangka, meskipun tanpa toko dan gudang secara fisik, toko online mampu meraup omset besar. Sebagai contoh, raihanshop.com yang baru didirikan sekitar satu tahun dan alexa-nya sekitar 1.200.000, omsetnya telah mencapai Rp 450 juta sehari. Fantastis!

Bisnis online murni yang lain misalnya adalah membuat software, startup, template, atau plugin dan kemudian dijual secara online. Bayangkan saja, sebuah template di Themeforest bisa terjual 10.000 copy @ $48. Berarti omsetnya mencapai $480.000. Luar biasa!

Bisnis Online Pendukung

Bisnis online pendukung maksudnya adalah bisnis online yang difungsikan sebagai penunjang bisnis offline yang telah ada, atau sebagai sarana marketing. Misalnya sebuah toko baju yang semula hanya melayani kota tertentu. Dengan membuat toko online, customer-nya menjadi jauh lebih luas dan tidak dibatasi oleh kota dan provinsi. Bisa lintas pulau bahkan lintas negara.

Seorang teman yang memiliki sebuah toko baju mengungkapkan, omset tokonya meningkat signifikan setelah ia membuat toko online. Teman lain yang seorang agen busana muslim juga mengalami hal yang sama. Dengan membuat toko online, toko baju yang biasanya setelah Idul Fitri sepi beberapa bulan tahun ini hampir tiap hari selalu ada pembeli; dari online.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Yuk kita mulai bisnis online. [Bisnisonlineplus.com]

You Might Also Like